Lampu H4 di CB

Mmm..dimulai dari mana yaw…

Ya, setelah menyelami dunia per-CB-an, sedikit-demi sedikit informasi mengenai modif CB semakin terkuak…Termasuk informasi mengenai penggantian lampu depan dengan yang berjenis H4. Yang jelas penggantian dilakukan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik… Dalam hal ini, supaya nyala lampu menjadi lebih terang alias padhang njingglang!!! Karena, para CB rider kan suka turing malam-malam, nah kalo mesin udah kenceng, tapi lampunya cuman kayak senthir atawa teplok…ya tengsin, alias malu-maluinnnn…..

padhang njingglang koyo lampu mobil...

Yang menarik dari penggantian lampu H4 ini adalah bentuknya yang tidak mengubah batok lampu asli. Jadi, orang awam bakalan ketipu n ga menyadari kalo lampu CB udah diganti pake lampu yang terangnya sangat benderanggg… Seperti gambar CB saya di atas, batok besi masih pake asli, cuman reflektor n bolam lampunya udah mengadopsi H4, hehehehe… menipu khan?? Secara estetika desain, hal tersebut sangat bagus, karena tidak terlalu menarik perhatian. Low profile gt loh…

reflektor pas di batok lampu CB..

Lampu H4 memiliki 3 soket, (1) lampu jauh, (2) lampu dekat, dan (3) massa. Satu set lampu H4 terdiri dari set reflektor (Rp. 60.000-punya Isuzu), bohlam H4 (Rp 30.000-Rp 35.000- merk saya Philips), soket 3 kaki (Rp lupa..) n 2 buah relay 4 kaki, untuk lampu dekat, jauh, dan dim. Tapi saya ga peke relay, soalnya belon punya duwit, hehehe (aslinya sih males bongkar-bongkar..kwkwkwkw…)..

murah meriah, cuma Rp 30 rb-an

Karena bohlam lampu H4 berjenis Halogen, maka jangan disentuh “puting”nya, ato bagian lampu yang lain…ntar cepet putus. Cukup dipegang kakinya aja..Oya, CB saya udah 2 kali ganti lampu. Penggantian karena kesalahan pemasangan…jadi bukan lampunya yang boros…

Ya segitu dulu…

73 Balasan ke Lampu H4 di CB

  1. arif mengatakan:

    mas klo boleh tau soket 3 kakinya, sama relay yg 4 kaki kisaran berapa yah?

  2. aibece mengatakan:

    Bos Pipit permisi, nanya kalau reflektor menggunakan merek apa, punya apa dan harganya berapa? Saya berencana memasang lampu sejenis itu tapi masih blank….masang reflektor apa….
    Thanks.

  3. arga mengatakan:

    bos pipit,kalau buat mega pro batok lampunya pakai apa ya???

    • Pipit Purwadi mengatakan:

      wah saya ga terlalu tahu mas bro…bawa aja batok lampu megapro ke toko mobil, lalu cocokkan disana mana yang pas …hehehe…sorry

  4. ridho mahmudi mengatakan:

    bro pipit… harus pake relay yah,,, trus cara masangnya gmn yach??? hehehehhe

  5. LoTech mengatakan:

    tapi kalau megang putingnya cewek enak lo ms…

  6. hariyanto mengatakan:

    salam kenal
    klau mau pasang bohlam h4 pakai ganti spul gk gan soalx q msh pakai spul grand makasih

  7. sonny mengatakan:

    lampu H4 yg 55 watt? regulator alias kripoknya apa ga takut jebol gan?utk sepeda motor kan hanya utk 35 watt? trims :)

    • Pipit Purwadi mengatakan:

      kiprok saya pake punya tiger, walopun imitasi tapi tidak jebol…malah lampunya yang 2 kali harus ganti…hehehe…

    • west mengatakan:

      Pasang spul + magnet tiger… trus kiproknya yang untuk lampu AC seperti supra, grand, jupiter, dll… Lampu pasti akan kuat… kiprok gak akan jebol… kuat untuk lampu H4 100/130 watt… Terang banget…

  8. ady mengatakan:

    jenis dan harga kiproknya kisaran berapa?

    • Pipit Purwadi mengatakan:

      itu kiprok untuk honda Tiger, merknya lupa…(kayak nama jepang gitu lho, n ada gambar gunung. kalo ndak salah fujiyama apa fukujima gt..) harganya Rp 75.000. Maklum, bukan kiprok orisinal, tapi selama ini ga ada masalah…

  9. Bayu Kaze Setiawan mengatakan:

    mas kalau mau masang H4 modalnya apa aja?
    terus kalau beli langsung satu set sama batoknya kira” berapa yaaa?
    pengapian saya sudah GL semua.

    • Pipit Purwadi mengatakan:

      modalnya batok lampu CB standar (kira2 Rp 60.000), lampu H4 merek Philips (merek terserah anda) (kira2 Rp 35.000), soket lampu H4 (kira2 Rp 15.000), reflektor lampu H4 (kira2 Rp 120.000) (ukuran diameter reflektor disesuaikan dengan batok lampu CB), kabel-kabel. Baiknya sih pake relay 4 kaki 2 buah, untuk lampu dekat dan dim (kira2 Rp 20.000 perbiji), tapi punya saya ga pake relai. keuntungan pake relay sih supaya lebih awet aja..jangan lupa, aki juga harus bagus..soalnya lampu H4 ngambil listriknya dari aki, bukan dari sepul… teruss…kiproknya pake punya Honda Tiger, supaya kuat. yang merk imitasi juga gpp, saya pakai Fukuyama (kira2 Rp 100.000)…

      • Bayu Kaze Setiawan mengatakan:

        berarti spull saya sudah mendukung mas?
        cuma ganti yang kata mas tadi diatas toh?

      • Pipit Purwadi mengatakan:

        kalo pake sepul GL Pro udah mendukung mas..cuma sistem pengisian ke aki yang harus dimodif supaya akinya kuat setrumnya. maklum, setrum lampu H4 kan gede n harus stabil…untuk modifnya, lebih baik konsultasikan ke dokter…eh bengkel terpercaya Anda…

      • bro ane mau tanya..klo pake aki 5 amper ngangkat ga tuh???kiprok tigi ma megi sama ga??

      • Pipit Purwadi mengatakan:

        ngangkat apanya nih? kalo yang dimaksud ngangkat double starter, ya jelas ngangkat..
        Kiprok Tigi ma megi lain, soalnya kiprok tigi kan sistemnya DC, punya megi AC

  10. Bayu Kaze Setiawan mengatakan:

    di bawah kelas lampu H4 apa lagi mas?

  11. ughie maruu mengatakan:

    mas broo kalo pake reflektor standart bisa ga?

    • Pipit Purwadi mengatakan:

      gag bisa, karna dudukan lampunya berbeda dengan reflektor lampu H4…terpaksa harus ganti…

  12. Ughiemaruu mengatakan:

    Motor saya tiger,saya pake lampu cb orisinil,tapi pas tak pasang lampu sama soketnya masuk,cuman blm pake relay….apa tetep bisa lebih terang?

    • Pipit Purwadi mengatakan:

      tetep bisa terang mas bro..seperti punya saya, ga pake relay tapi tetep bisa terang..fungsi relay sebenarnya untuk mematikan lampu dekat secara otomatis ketika kita melakukan dim, jadi 2 filamen tidak akan menyala bersamaan, karna kalau filamen lampu jauh dan dekat nyala bareng2, maka listrik yang keluar juga akan banyak (menyedot setrum) dan panas….

  13. ughiemaruu mengatakan:

    satu lagi mas broo,hehe,….brp watt maksimal lampu h4 yang dipake?skrg posisi pake 100watt tapi kok ga terang ya?
    thx

    • Pipit Purwadi mengatakan:

      waow…pake 100Watt tapi kurang terang?? orang saya pake 65/55 watt aja udah terang…. Jangan-jangan akinya tekor tuh mas bro…

  14. gesang mengatakan:

    om reflektornya tu punya isuzu spesifikasinya apa?

    • Pipit Purwadi mengatakan:

      hehe…kalo ndak salah punya truk engkel, yang lampunya masih bulat…ato bawa aja lampu depan CBnya ke toko aksesoris mobil biar bisa diukur diameternya…

  15. ughiemaruu mengatakan:

    udah tak ganti pake 65/55 watt mas broo…udah terang niy……sipppp makasih banyak mas brooo…..salam brotherhood dari purwokerto tiger brothers(PTB)…hehe

    • Pipit Purwadi mengatakan:

      ya sama-sama..
      wah, dari PTB ya. jaman duluuuu niy (sekitar tahun 1999), kakak saya juga anggota PTB lho…namanya mas aji. sekarang sih tinggalnya di Banyumas n mungkin udah ga aktif lagi di PTB…Salam brotherhood…

  16. pekingjaya mengatakan:

    Sory mas pipit ngotori blog nya lg, ane didik sragen, bangun cb 1 lg ini speknya moga brmanfaat
    mesin full tiger 6 speed garapan cak ndun nganjuk.
    Double stater.
    Cdi shogun.
    Shock dpn blakang tiger.
    Tanki dream.
    Kempolan dream.
    Lampu hd.
    Velg dpn did 215 blkg 250.
    Ban dpn 100/80 blkg 110/80.
    Body bongsor.
    Plat ad krnganyar pajak baru
    Kalo ada yg minat ane jual mas 13jt aja, foto bisa diliat di fb q,
    BEBEK MAEN CB
    trims mas pipit salam blar blar

  17. ughiemaruu mengatakan:

    wew?????aji siapa???yg gendut apa bukan?

  18. kazeeee mengatakan:

    mas ane pengen naekin mesin tiger double starter, tapi no mesin CB nya masih nempel, kira” bisa ga tuh mas?
    makasih mas…

  19. enbhe mengatakan:

    reflektor selain mobil isuzu apa lagi mas

  20. Anton_Kaltim mengatakan:

    mas saya mau pasang lampu H4 tapi bingung kabel di fittingnya nie, mana kabel yg ground,kbel Hi dan kabel Low ? Takut terbalik nie..

    • Pipit Purwadi mengatakan:

      hehehe…terbalik ga apa-apa…kalo yang grond yang posisinya sendiri, yang jauh/dekat…silakan coba sendiri…hehehe…

  21. Anton_Kaltim mengatakan:

    ok thanks ya mas infonya ?

  22. riszal mengatakan:

    klo pasang lampu H4 tp ikut mesin gmn mas broo?

    • Pipit Purwadi mengatakan:

      hehehe…ini yang masih saya bingung. karena dulu saya udah nyoba, tapi selalu gagal terus. baiknya emang pake aki…sorry ya mas bro, ga bisa bantu…

  23. yaqin mengatakan:

    OM pipit….. punya ane megapro udah pake lampu H4 tapi masih pake bohlamnya vixi (35 watt) gag pake relay. kalo pake yang 60 watt ada kendala gag. apa kabel2 dan saklarnya gag kebakar
    trus cb nya om pipit gag pake relay gpp om
    (makasih Om pipi)

    • Pipit Purwadi mengatakan:

      halo, CB saya ga pakai relay, tapi emang masih pakai yang 35 watt. kalo mau ppakai yang 60 watt, baiknya pakai relay mas bro…

  24. dsfsf mengatakan:

    bisa minta CP klub ini di salatiga soalnya aku juga orang salatiga balas gi septian1991df@gmail.com

  25. septian mengatakan:

    bolh tau akun fb mas pipit? mw tanya2 tnt cb lbh lnjut

  26. reza mengatakan:

    om, saya dari jambi mau tanya2 soal aksessories cb. saya lagi bangun motor juga nih, kalo aksesories di tempat om banyak gak ya???

    saya juga udah add ente di fb gan

    • Pipit Purwadi mengatakan:

      kalo saya tinggal di Bali, accesoriesnya sedikit. kalo yang banyak di daerah Yogya, Semarang, Jawa Timur…
      trims udah di add..

  27. Oto Gadget mengatakan:

    om mw tanya, soket h4 kan ada 3 kaki, itu urutan soketnya apa aja?(mana soket buat hi lamp, low lamp, sm massa?

    • Pipit Purwadi mengatakan:

      Wah saya gag ingat bro… soalnya mungkin tiap merek lampu beda2 soketnya..maaf ya…dicoba sendiri aja..

  28. jokoloro mengatakan:

    masbro maaf newbie mo tny..
    cb saya sdh ganti mesin megapro klo mo ganti lampu H4 apa aj yg harus d rubah dari kelistrikan motor saya..?

    • Pipit Purwadi mengatakan:

      ganti sistem kelistrikan ke DC. lampu depan/reflektor juga ganti dengan punya mobil yang model H4 bulat, aki juga harus pakai, karena lampu H4 ngambil dari aki, bukandari sepul.

  29. jokoloro mengatakan:

    makasih om pipit atas pencerahannya salam blarrr dari palembang :))

  30. ipule mengatakan:

    ane baru beli megi nih keluaran 2007 ya masih muda lah kalo ganti lampu H4 harus ganti semua ya katanya kalo pakai lampu mobil reflektor motor bawaan bisa meleleh ya ???

    • Pipit Purwadi mengatakan:

      Yoi bener mas bro…soalnya reflektor bawaan motornya kan dari plastik, jadi harus diganti yang dari mobil (gelas/kaca)…

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

