Pengeluaran CB

Banyak orang yang bertanya, sudah habis berapa untuk modif CB? Ini jawabannya:

1. Beli CB= Rp. 2.000.000

2. Ganti pengapian ke CDI + ganti piston Tiger= Rp. 700.000

3. Sok depan GL Pro imitasi= Rp. 150.000

4. Pelek Rossi depan belakang= Rp 250.000

CB awal..

gini belum apa-apa...

5. Ganti kop GL100 klep besar= Rp. 500.000

6. Knalpot GL Pro= Rp. 150.000

7. Sok belakang tabung= Rp. 250.000

8. Teromol belakang new megapro komplit= Rp. 250.000

9. Arm New megapro= Rp. 250.000

10. Setang New megapro= Rp. 150.000

11. Kop GL Pro imitasi komplit= Rp 500.000

12. Mesin Tiger utuh= Rp. 5.000.000

13. Karbu Tiger Revo asli= Rp. 450.000

14. Knalpot Tiger Revo asli= Rp. 600.000

15. Foot step belakang new megapro asli= Rp. 300.000

16. Jok tebal= Rp. 175.000

CB masih apa adanya...

17. Slebor belakang CB 125 imitasi= Rp. 130.000

18. Koil Tiger Revo= Rp. 80.000

19. Rantai + gear set Megapro Indoparts= Rp. 140.000

20. ┬ádan aksesoris seperti lampu rem, lampu sein, ban depan belakang, dudukan lampu belakang, biaya kirim, biaya ngelas, ongkos ngecat 2 kali, dsb…So, kalo mau tahu perkiraan modif CB, silahkan hitung sendiri…

About these ads

25 Balasan ke Pengeluaran CB

  1. jojo mengatakan:

    12 juta lebih.
    plus asesoris, ongkos pasang, ngevat 2 kali dll mungkin total anggaplah 15juta-17juta
    buset

  2. jojo mengatakan:

    ralat, ngecat, bukan ngevat

  3. oday mengatakan:

    busyet……tapi cost >12jt tergantikan dengan rasa puas n’ bangga. aku sendiri baru ngabisin dana sekitar 6jt an buat modif si mbah, dari model lama ke japstyle dgn pake mesin kakaknya alias gl 125. pengennya kayak cb nya si mas yg pake mesin tigi…nga kuat di kantong bos…

    • Pipit Purwadi mengatakan:

      Hehe…setelah saya pikir-pikir, lebih baik emang langsung ganti mesin CB lama menggunakan mesin utuh keluaran baru, baik itu GL Pro neotec, megapro, ato tiger sekalian.Soalnya harganya ga terlalu mahal apabila dibandingkan dengan menggunakan mesin CB yang dimodif sana-sini..karena jatuh-jatuhnya juga mahal n butuh waktu lama…Tapi, kalo kita bisa modif mesin asli CB dengan daleman tiger, pasti kepuasannya juga lain. karena, mesin luar kelihatan clasic, tapi daleman udah tahun muda…itu emang kenikmatannya lain (walopun dana, tenaga, waktu, dan pikiran yg dibutuhkan jauh lebih banyak)…gitu mas broww…

  4. aldo mahendra mengatakan:

    om……
    aku punya cb 76′ udah dimodif tp dikit sih..blokop yg ats udah punya tiger….
    gini …. aku punya modal 6jtan
    kalo aku tambahin persenelengnya tiger(6speed)gitu gmn??harganya brp yah???
    sama aku mw cari shock dpn upside down gt gmana??
    minta petumjuk dan pendapatnya??
    email saya”aldomahendraputra@ymail.com”

    • Pipit Purwadi mengatakan:

      Kalo saya sih, dengan uang 6 juta akan saya belikan mesin tiger revo
      utuh 1 glundung + karbunya sekalian, plus udah dobel starter. Paling
      cuma habis rp 4,5jt. Lalu sisanya akan saya gunakan untuk biaya servis
      n pasang no mesin CB ke Tiger revo itu..hehehehe… gampang khan?
      seperti CB saya…

      Tapi kalo mau beli secara ketengan, alias pretelan, ya boleh-boleh aja
      sih..duit 6 juta cukup buat modif 6 speed.Yang jelas, kalo mau
      nambahin transmisi 6 speed ke crankcase CB dibutuhkan waktu n tenaga
      lebih. soalnya harus bongkar mesin n makan waktu yang lama.terutama
      bengkelnya juga harus bengkel spesialis CB, karena kalo bengkel biasa
      otaknya ga bakalan nyampe…hehehe… untuk pemasangan gigi 6 speed ke
      mesin CB kira-kira butuh biaya 3 juta, termasuk spare part + ongkos
      modif.

      Kalo mau cari bengkel CB, rujukan saya ada di Fendy Motor (cari
      alamatnya di facebook “Fendy Motor Banyuwangi”). kecuali kalo mas bro
      udah punya bengkel spesialis CB sih gpp. Trus, kalo mau nyari gigi
      tiger yang 6 speed, cari aja di facebook, banyak kok yang jual,
      misalnya “bengkel bekas” (cari di fesbuk).

      Kalo sokbreker dedap upside down sih yang variasi udah banyak di toko
      onderdil. harganya bervariasi, sekitar 1,5 jt – 2,5 jt. Itu udah
      khusus untuk motor laki.

      Semoga berguna…

  5. aldo mahendra mengatakan:

    om ganti perseneleng 6 apa harus ganti crankcasenya juga??

    • Pipit Purwadi mengatakan:

      enggak harus sih…tapi crankase harus dibubut untuk menyesuaikan ketebalan persnelingnya, dan itu berpengaruh pada daya tahan crankcase…

  6. ngidam cb mengatakan:

    mas @pipit, klo boleh tau belinya mesin tigi dimana ya, saya barusan beli gl 125 mau saya jadiin kayak punya sampeyan..

    Thanks

    • Pipit Purwadi mengatakan:

      nyari aja di internet mas, terutama Facebook. coba cari account yang namanya “Bengkel Bekas”, biasanya dia jual mesin Tiger utuh…

  7. Ngidam CB mengatakan:

    mas @pipit, thanks udah ketemu, ini ya mas https://www.facebook.com/bengkel.bekas..

  8. Marius Galih J mengatakan:

    awalnya saya pengen modif gitu2…
    tapi trus jadi ndak, karena malah suka ngeber mesin standar..

    saya punya mesin standar.. si om th 73 biru. hanya mempermuda kelistrikan pake grand, dan tak ful wave kan pengisiannya. kelistrikan saja yg diremajakan, karena tidak bisa di tolerir. kepuasan tersendiri juga sih… smooth..
    yang lain pada pengen kompresi tinggi, saya malah bersyukur masih bisa pake kompresi standar yg cuma 8,0:1. ga bisa njerit rpmnya, hanya mendesah tapi nyut untuk muter ban 120 velg 3 in.

    • Pipit Purwadi mengatakan:

      emang dalam ngemodif CB, selera masing-masing biker berbeda.yang penting supaya kita ngerasa nyaman aja naikin CB kita…salut broo

  9. pardede mengatakan:

    om motor ane gl taun 90 pasang karbu tiger revo muat ga kira2, sori kalo nyelimpang hehe

  10. alex mengatakan:

    Om….
    Saya mau tanya, ane kan punya motor cb 125 tapi ane mau ganti head cyclinder dan blok cyclinder punya tiger… Apa cocok dengan baut sate nya punya cb ane… Terus ada kah head dan bloknya tiger di modif…. Terus bak kopling cb 125 apa yg cocok dengan cb…. Thank’s om

    • Pipit Purwadi mengatakan:

      Haloo..
      baut sate nya lebih baik diganti punya tiger juga…
      kalau mau pasang blok tiger di CB 125, banyak ubahannya brooo ga bisa asal pasang… karena ukuran blok tiger lebih panjang dari CB 125. ntar kalo dipasang emang bisa, tapi kalau masih pakai kruk as dan setang seker/setang piston bawaan cb 125 dijamin motornya kagak bakal bisa hidup, karena ga ada kompresi…hahahahaha…..
      Okey: ubahan yang harus dilakukan untuk memasang blok tiger ke CB125, yaitu:Ganti kruk as tiger di CB125…atau, kruk as CB125 di struk supaya bisa naik pistonnya…hehehe…
      bak kopling yang cocok untuk cb 125 ya..gl100, gl black engine.kalo pakai gl pro neotech udah ga bisa, apalagi pakai punya tiger…hehehehe….

  11. ifvan mengatakan:

    Mas aku punya gl pro. Mau diubh daleman tiger(kruk-as, stang sekher, sekhernya jg)
    it kalau orinya brapa?
    Tpi aku bingung yg cocok buat gl.ku tiger apa? Tger revo apa tger lainnya?
    matur suwun

    • Pipit Purwadi mengatakan:

      hallo mas…
      ini gl pro lama atau yang udah neotech? kalo udah neotech biayanya bisa lebih murah, karena dalemannya udah kayak tiger…
      untuk jenis tiger-nya sih, mau pakai apa aja bisa. tapi sebaiknya pakai yang tahun muda, supaya awet gt loh, hehehehe…
      kalau soal harga, biasanya pemodif suka beli yang second atau copotan motor, karena kalau beli asli dari toko/dealer biasanya kruk as asli susah nyarinya, bahkan harus punya stnk motor Tiger…
      kalau yang copotan biasanya harganya sekitar Rp 800rb-Rp 1jt, tergantung tahun tigernya…

  12. ifvan mengatakan:

    Ollo mas. matur suwun. aku pngen mdif tpi msh pemula jadi mash awam ttg gituan.
    tnya lg mas, kalo gl pro neotech ku ganti cilindernya tiger kan lbanya kecil. nah tmpat cilindernya it namanya apa mas?
    dan istilah colter itu apa?
    hehe. mksh mas.

    • Pipit Purwadi mengatakan:

      halo juga mas bro…
      kalau susunan konstruksi mesin 4 tak itu ada:
      1. Cylinder head/kop/head: tempat katup/klep, noken as, lubang knalpot/exhaust dan lubang masuk/karburator.
      2. Cylinder block/silinder/blok: tempat jalannya piston/seher/seker naik turun..di dalam silinder/blok inilah terdapat liner silinder, dimana piston naik-turun…jadi, kalau mau memperbesar ukuran liner silinder, harus di kolter/diperbesar diameternya dengan menggunakan mesin bubut. Ukuran/diameter peng-kolteran disesuaikan dengan ukuran piston/seher yang akan dipakai.
      oia mas, kalo gl pro mau diganri silinder tiger, tidak bisa langsung pasang, karena ukuran lubang di crankcase kecil, jadi harus diperbesar (turun mesin). selain itu, tinggi silinder tiger tidak sama dengan tinggi silinder gl neotech…jadi, masih banyak ubahan lain yang harus dilakukan..

      kalau mau instan, ganti aja piston gl-nya dengan punya piston tiger, dengan demikian tidak perlu dilakukan perubahan besar…paling cuma di kolter/perbesar ukuran diameter silindernya..
      silahkan berpikir2 dulu…

  13. ifvan mengatakan:

    kalau cuma pistonnya yg dganti apa larinya kenceng mas.?
    soalx gl pro ku ini gir 3 dan 4 dkentat bisa. saat dioper 5 gasnya trun sndiri. aku pngen gl jadi knceng lrinya mas. .
    maaf bawel ya mas. .

    • Pipit Purwadi mengatakan:

      kalo pistonnya diganti dengan yang lebih besar, akan tambah kenceng, tapi tidak kencang banget..karena kencang itu juga dipengaruhi banyak hal. rasio gigi, pengapian, karburator, dsb…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: