Pengeluaran CB

Banyak orang yang bertanya, sudah habis berapa untuk modif CB? Ini jawabannya:

1. Beli CB= Rp. 2.000.000

2. Ganti pengapian ke CDI + ganti piston Tiger= Rp. 700.000

3. Sok depan GL Pro imitasi= Rp. 150.000

4. Pelek Rossi depan belakang= Rp 250.000

CB awal..

gini belum apa-apa...

5. Ganti kop GL100 klep besar= Rp. 500.000

6. Knalpot GL Pro= Rp. 150.000

7. Sok belakang tabung= Rp. 250.000

8. Teromol belakang new megapro komplit= Rp. 250.000

9. Arm New megapro= Rp. 250.000

10. Setang New megapro= Rp. 150.000

11. Kop GL Pro imitasi komplit= Rp 500.000

12. Mesin Tiger utuh= Rp. 5.000.000

13. Karbu Tiger Revo asli= Rp. 450.000

14. Knalpot Tiger Revo asli= Rp. 600.000

15. Foot step belakang new megapro asli= Rp. 300.000

16. Jok tebal= Rp. 175.000

CB masih apa adanya...

17. Slebor belakang CB 125 imitasi= Rp. 130.000

18. Koil Tiger Revo= Rp. 80.000

19. Rantai + gear set Megapro Indoparts= Rp. 140.000

20.  dan aksesoris seperti lampu rem, lampu sein, ban depan belakang, dudukan lampu belakang, biaya kirim, biaya ngelas, ongkos ngecat 2 kali, dsb…So, kalo mau tahu perkiraan modif CB, silahkan hitung sendiri…

40 Responses to Pengeluaran CB

  1. jojo berkata:

    12 juta lebih.
    plus asesoris, ongkos pasang, ngevat 2 kali dll mungkin total anggaplah 15juta-17juta
    buset

  2. jojo berkata:

    ralat, ngecat, bukan ngevat

  3. oday berkata:

    busyet……tapi cost >12jt tergantikan dengan rasa puas n’ bangga. aku sendiri baru ngabisin dana sekitar 6jt an buat modif si mbah, dari model lama ke japstyle dgn pake mesin kakaknya alias gl 125. pengennya kayak cb nya si mas yg pake mesin tigi…nga kuat di kantong bos…

    • Pipit Purwadi berkata:

      Hehe…setelah saya pikir-pikir, lebih baik emang langsung ganti mesin CB lama menggunakan mesin utuh keluaran baru, baik itu GL Pro neotec, megapro, ato tiger sekalian.Soalnya harganya ga terlalu mahal apabila dibandingkan dengan menggunakan mesin CB yang dimodif sana-sini..karena jatuh-jatuhnya juga mahal n butuh waktu lama…Tapi, kalo kita bisa modif mesin asli CB dengan daleman tiger, pasti kepuasannya juga lain. karena, mesin luar kelihatan clasic, tapi daleman udah tahun muda…itu emang kenikmatannya lain (walopun dana, tenaga, waktu, dan pikiran yg dibutuhkan jauh lebih banyak)…gitu mas broww…

  4. aldo mahendra berkata:

    om……
    aku punya cb 76′ udah dimodif tp dikit sih..blokop yg ats udah punya tiger….
    gini …. aku punya modal 6jtan
    kalo aku tambahin persenelengnya tiger(6speed)gitu gmn??harganya brp yah???
    sama aku mw cari shock dpn upside down gt gmana??
    minta petumjuk dan pendapatnya??
    email saya”aldomahendraputra@ymail.com”

    • Pipit Purwadi berkata:

      Kalo saya sih, dengan uang 6 juta akan saya belikan mesin tiger revo
      utuh 1 glundung + karbunya sekalian, plus udah dobel starter. Paling
      cuma habis rp 4,5jt. Lalu sisanya akan saya gunakan untuk biaya servis
      n pasang no mesin CB ke Tiger revo itu..hehehehe… gampang khan?
      seperti CB saya…

      Tapi kalo mau beli secara ketengan, alias pretelan, ya boleh-boleh aja
      sih..duit 6 juta cukup buat modif 6 speed.Yang jelas, kalo mau
      nambahin transmisi 6 speed ke crankcase CB dibutuhkan waktu n tenaga
      lebih. soalnya harus bongkar mesin n makan waktu yang lama.terutama
      bengkelnya juga harus bengkel spesialis CB, karena kalo bengkel biasa
      otaknya ga bakalan nyampe…hehehe… untuk pemasangan gigi 6 speed ke
      mesin CB kira-kira butuh biaya 3 juta, termasuk spare part + ongkos
      modif.

      Kalo mau cari bengkel CB, rujukan saya ada di Fendy Motor (cari
      alamatnya di facebook “Fendy Motor Banyuwangi”). kecuali kalo mas bro
      udah punya bengkel spesialis CB sih gpp. Trus, kalo mau nyari gigi
      tiger yang 6 speed, cari aja di facebook, banyak kok yang jual,
      misalnya “bengkel bekas” (cari di fesbuk).

      Kalo sokbreker dedap upside down sih yang variasi udah banyak di toko
      onderdil. harganya bervariasi, sekitar 1,5 jt – 2,5 jt. Itu udah
      khusus untuk motor laki.

      Semoga berguna…

  5. aldo mahendra berkata:

    om ganti perseneleng 6 apa harus ganti crankcasenya juga??

    • Pipit Purwadi berkata:

      enggak harus sih…tapi crankase harus dibubut untuk menyesuaikan ketebalan persnelingnya, dan itu berpengaruh pada daya tahan crankcase…

  6. ngidam cb berkata:

    mas @pipit, klo boleh tau belinya mesin tigi dimana ya, saya barusan beli gl 125 mau saya jadiin kayak punya sampeyan..

    Thanks

    • Pipit Purwadi berkata:

      nyari aja di internet mas, terutama Facebook. coba cari account yang namanya “Bengkel Bekas”, biasanya dia jual mesin Tiger utuh…

  7. Ngidam CB berkata:

    mas @pipit, thanks udah ketemu, ini ya mas https://www.facebook.com/bengkel.bekas..

  8. Marius Galih J berkata:

    awalnya saya pengen modif gitu2…
    tapi trus jadi ndak, karena malah suka ngeber mesin standar..

    saya punya mesin standar.. si om th 73 biru. hanya mempermuda kelistrikan pake grand, dan tak ful wave kan pengisiannya. kelistrikan saja yg diremajakan, karena tidak bisa di tolerir. kepuasan tersendiri juga sih… smooth..
    yang lain pada pengen kompresi tinggi, saya malah bersyukur masih bisa pake kompresi standar yg cuma 8,0:1. ga bisa njerit rpmnya, hanya mendesah tapi nyut untuk muter ban 120 velg 3 in.

    • Pipit Purwadi berkata:

      emang dalam ngemodif CB, selera masing-masing biker berbeda.yang penting supaya kita ngerasa nyaman aja naikin CB kita…salut broo

  9. pardede berkata:

    om motor ane gl taun 90 pasang karbu tiger revo muat ga kira2, sori kalo nyelimpang hehe

  10. alex berkata:

    Om….
    Saya mau tanya, ane kan punya motor cb 125 tapi ane mau ganti head cyclinder dan blok cyclinder punya tiger… Apa cocok dengan baut sate nya punya cb ane… Terus ada kah head dan bloknya tiger di modif…. Terus bak kopling cb 125 apa yg cocok dengan cb…. Thank’s om

    • Pipit Purwadi berkata:

      Haloo..
      baut sate nya lebih baik diganti punya tiger juga…
      kalau mau pasang blok tiger di CB 125, banyak ubahannya brooo ga bisa asal pasang… karena ukuran blok tiger lebih panjang dari CB 125. ntar kalo dipasang emang bisa, tapi kalau masih pakai kruk as dan setang seker/setang piston bawaan cb 125 dijamin motornya kagak bakal bisa hidup, karena ga ada kompresi…hahahahaha…..
      Okey: ubahan yang harus dilakukan untuk memasang blok tiger ke CB125, yaitu:Ganti kruk as tiger di CB125…atau, kruk as CB125 di struk supaya bisa naik pistonnya…hehehe…
      bak kopling yang cocok untuk cb 125 ya..gl100, gl black engine.kalo pakai gl pro neotech udah ga bisa, apalagi pakai punya tiger…hehehehe….

  11. ifvan berkata:

    Mas aku punya gl pro. Mau diubh daleman tiger(kruk-as, stang sekher, sekhernya jg)
    it kalau orinya brapa?
    Tpi aku bingung yg cocok buat gl.ku tiger apa? Tger revo apa tger lainnya?
    matur suwun

    • Pipit Purwadi berkata:

      hallo mas…
      ini gl pro lama atau yang udah neotech? kalo udah neotech biayanya bisa lebih murah, karena dalemannya udah kayak tiger…
      untuk jenis tiger-nya sih, mau pakai apa aja bisa. tapi sebaiknya pakai yang tahun muda, supaya awet gt loh, hehehehe…
      kalau soal harga, biasanya pemodif suka beli yang second atau copotan motor, karena kalau beli asli dari toko/dealer biasanya kruk as asli susah nyarinya, bahkan harus punya stnk motor Tiger…
      kalau yang copotan biasanya harganya sekitar Rp 800rb-Rp 1jt, tergantung tahun tigernya…

  12. ifvan berkata:

    Ollo mas. matur suwun. aku pngen mdif tpi msh pemula jadi mash awam ttg gituan.
    tnya lg mas, kalo gl pro neotech ku ganti cilindernya tiger kan lbanya kecil. nah tmpat cilindernya it namanya apa mas?
    dan istilah colter itu apa?
    hehe. mksh mas.

    • Pipit Purwadi berkata:

      halo juga mas bro…
      kalau susunan konstruksi mesin 4 tak itu ada:
      1. Cylinder head/kop/head: tempat katup/klep, noken as, lubang knalpot/exhaust dan lubang masuk/karburator.
      2. Cylinder block/silinder/blok: tempat jalannya piston/seher/seker naik turun..di dalam silinder/blok inilah terdapat liner silinder, dimana piston naik-turun…jadi, kalau mau memperbesar ukuran liner silinder, harus di kolter/diperbesar diameternya dengan menggunakan mesin bubut. Ukuran/diameter peng-kolteran disesuaikan dengan ukuran piston/seher yang akan dipakai.
      oia mas, kalo gl pro mau diganri silinder tiger, tidak bisa langsung pasang, karena ukuran lubang di crankcase kecil, jadi harus diperbesar (turun mesin). selain itu, tinggi silinder tiger tidak sama dengan tinggi silinder gl neotech…jadi, masih banyak ubahan lain yang harus dilakukan..

      kalau mau instan, ganti aja piston gl-nya dengan punya piston tiger, dengan demikian tidak perlu dilakukan perubahan besar…paling cuma di kolter/perbesar ukuran diameter silindernya..
      silahkan berpikir2 dulu…

  13. ifvan berkata:

    kalau cuma pistonnya yg dganti apa larinya kenceng mas.?
    soalx gl pro ku ini gir 3 dan 4 dkentat bisa. saat dioper 5 gasnya trun sndiri. aku pngen gl jadi knceng lrinya mas. .
    maaf bawel ya mas. .

    • Pipit Purwadi berkata:

      kalo pistonnya diganti dengan yang lebih besar, akan tambah kenceng, tapi tidak kencang banget..karena kencang itu juga dipengaruhi banyak hal. rasio gigi, pengapian, karburator, dsb…

  14. toris bali berkata:

    dimana ya bisa dapet hed kop neotech thailan
    ?

  15. Teja berkata:

    Bro saya gl100 thn 82, kalo mau naikin pakai blok neotech sama piston neotech yg perlu diubah apa aja,apa pengaruhnya terasa?

    • Pipit Purwadi berkata:

      naiknya terasa dong…jadi 160 cc…yang harus diubah setang piston juga harus ganti, disesuaikan dengan kruk as GL-nya…

  16. David berkata:

    bro mau tanya bengkel mesin di salatiga yg bagus dimana ya? mesin GL ane rembes dari cilinder headnya gak wajar….

    • Pipit Purwadi berkata:

      mmm…sebenarnya banyak sih. Coba di sekitar karang pete, di pertigaan jalan yang dari Jl. Karang Taruna (Jl. Pattimura) hingga bertemu dengan jalan karang pete (pertigaan), ada bengkel disitu..nama bengkelnya Bagos Motor…

      • David berkata:

        ok bro….udah 2 kali ganti perpak, perpak knalpot dll beda bengkel belum ketemu masalahnya….makanya lg cari referensi yang lain..

      • watto berkata:

        Mas kalau megapro 2003 mau di jadikan cb dream bagus nggak mas? Apakah mesin tahun 2003 masih bagus mas buat di jadikan cb? Mohon bantuannya mas..

      • Pipit Purwadi berkata:

        wah…masih bagus bangeetss mas….
        kalau soal mesin, mau tahun 1980, 1990, 2000, yang penting ga mogok tetep oke mas…
        di tahap awal, ubah dulu rangka belakang (tempat sadel) supaya datar kayak CB, lalu beli tangki dream, tutup aki kiri kanan, dan jok model Cb yang tebal. di Facebook ada kok yang jual 1 paket, sekitar RP 700 rban, alamatnya di “Aksesori Honda CB Murah”, coba dicek mas…

  17. andi berkata:

    Mas kl cb cuma ganti head cylinder pake new megapro apa aja yang dirubah ya??mohon pencerahannya

    • Pipit Purwadi berkata:

      nggak bisa mas…soalnya jarak baut satenya bedha…
      mesin New Megapro ini secara konstruksi emang sudah beda dengan mesin2 honda sebelumnya, sehingga susah kalau mau aplikasi ke mesin CB, GL, Mega pro lawas, dan bahkan tiger… biasanya kalau orang mau pasang ke CB, dipasang 1 mesin utuh, atau harus rombak dengan mengganti blok dan head, tapi harus ngerubah total…

  18. Ary Syabain berkata:

    helo mas ! ikut nimbrung ya … gini mas saya punya cb 125 mas yang udah pake boring head neotech. terus pake carbu PWL 28, nah larinya kenceng sih kenceng mas tapi jarak pendek? udah jarak kira2 250m nah baru deh kesusul . jd kenceng di tarikan bawahnya. nah kalo mau jadi kenceng tarikan atasnya gmna ya mas? kira2 apa yg mesti di ganti….

    • Pipit Purwadi berkata:

      kalau mau murah meriah, main di gir mas, ganti gir belakang dengan yang lebih besar. kalau mau main2 lagi, ganti depannya jga. cari2 yang pas sesuai keinginan. Kalau mau lebih repot, ganti saja gigi primer-sekunder pakai GL Pro…

  19. ahmad agus berkata:

    Mas mau tanyak, kalau head tiger dpasang ke cb125 ngerubah apa mas? Tpi piston masih standarnya mas.

Tinggalkan Balasan ke toris bali Batalkan balasan